Tatak krama sunda
Pembahasan mengenai tatakrama (etiket, sopan-santun) cukup luas
jangkauannya. Bagaimanatidak, sebab tatakrama melingkupi seluruh perilaku
kehidupan manusia. Dapat dikaitkan dengan: jenis kelamin (pria-wanita),
umur (tua-muda), waktu (masa lalu-kini), situasi (gembira-sedih),kesempatan
(resmi-tidak resmi) dan sebagainya. Keseluruhan pengelompokan inipun dapat
puladikaji berdasarkan tatakrama religi (agama), falsafah (etika) dan sosio
(masyarakat).Setiap pembahasan tatakrama, sebaiknya diperjelas landasan
pijakannya, apakah religi, fisafatataukah sosio, meskipun pada kenyataannya
ketiga unsur tersebut tetap merupakan kesatuan.Tetapi hal ini perlu untuk
menyamakan sudut pandang penulis dan pemerhati. Dalam wacana inisaya
menitik-beratkan pembahasan tatakrama berdasarkan sosio-kultural, khususnya
Sunda dalam situasi masyarakat yang berubah dan majemuk Masyarakat selalu
berubah, sehingga norma atau ukuran dari perilaku kehidupan masyarakat punikut
pula berubah. Perubahan perilaku masyarakat ini adalah alami, maka akan
terdapat pergeseran yang menuju arah positif tetapi tidak sedikit yang
membawa ke arah perkembangannegatif bagi peradaban bangsanya.Demikian pula
homoginitas suatu etnis mengalami perubahan yang menjadi sedemikian
cairnya,sehingga lama-kelamaan berubah menjadi masyarakat heteroginitas
(majemuk). Persinggungan budaya dari bermacam etnis ini menimbulkan
kompleksitas permasalahan budaya. Termasuk pula norma-norma
tatakrama Sunda apa saja/mana saja yang dapat/perlu tetap
dipertahankankeberadaannya dalam budaya globalisasi dan majemuk ini. Sehubungan
dengan ini, tatakramadapat dikaji pula dengan hubungan peran dan manfaat
tatakrama Sunda dalam kaitannya dengan pergaulan regional Tatar Sunda
(khususnya Parahiangan), nasional dan internasional.
Tatakrama Sunda dan Peranannya dalam
Kualitas Bangsa
Sinonim kata ³tatakrama´, yaitu sopan-santun. Jadi tatakrama Sunda berarti ³sopan-santunmenurut
norma orang Sunda´. Bila dipertajam lagi, norma orang Sunda yang mana?
Sayacenderung mengacu kepada norma ³urang Sunda nu ilahar´ (biasa,umum). ³Ilahar´ dalam arti³kelompok
besar yang cenderung seragam dalam perilaku sopan-santunnya´, ini mengacukepada
sosio-kultural secara geografis (Tatar Sunda, Parahyangan).Tatakrama atau
sopan-santun adalah hasil proses pengadaptasian seseorang dalam
bersosialisasi.Jadi tatakrama dapat dipelajari. Oleh karena itu tatakrama
seseorang sangat erat kaitannyadengan kebiasaan ³sopan-santun´ yang
diadaptasi dari lingkungan keluarga, lingkungan.
SENI MUSIK DAN SUARASelain seni tari, tanah
Sunda juga terkenal dengan seni suaranya. Dalam memainkanDegung biasanya ada
seorang penyanyi yang membawakan lagu-lagu Sunda dengan nadadan alunan yang
khas. Penyanyi ini biasanya seorang wanita yang dinamakan Sinden.Tidak
sembarangan orang dapat menyanyikan lagu yang dibawakan Sinden karena nadadan
ritme-nya cukup sulit untuk ditiru dan dipelajari.Dibawah ini salah salah
satumusik/lagu daerah Sunda :Bubuy BulanEs LilinManuk DadaliTokecangWarung Pojok WAYANG GOLEK Jepang boleh terkenal
dengan 'Boneka Jepangnya', maka tanah Sunda terkenal dengankesenian Wayang Golek-nya. Wayang Golek adalah pementasan sandiwara boneka
yangterbuat dari kayu dan dimainkan oleh seorang
sutradara merangkap pengisi suara yangdisebut Dalang. Seorang Dalang memiliki
keahlian dalam menirukan berbagai suaramanusia. Seperti halnya Jaipong,
pementasan Wayang Golek diiringi musik Degunglengkap dengan Sindennya. Wayang
Golek biasanya dipentaskan pada acara hiburan, pesta
pernikahan atau acara lainnya. Waktu
pementasannya pun unik, yaitu pada malamhari
(biasanya semalam suntuk) dimulai sekitar pukul 20.00 - 21.00 hingga pukul
04.00 pagi. Cerita yang dibawakan berkisar pada pergulatan antara kebaikan
dan kejahatan(tokoh baik melawan tokoh jahat). Ceritanya banyak diilhami oleh
budaya Hindu dariIndia, seperti Ramayana atau Perang Baratayudha. Tokoh-tokoh
dalam cerita mengambilnama-nama dari tanah India.Dalam Wayang Golek, ada 'tokoh' yang sangat dinantikan pementasannya yaitu kelompok yang dinamakan Purnakawan,
seperti Dawala dan Cepot.Tokoh-tokoh ini
digemari karena mereka merupakan tokoh yang selalu memerankan peran lucu (seperti pelawak) dan sering memancing gelak
tawa penonton. SeorangDalang yang pintar akan memainkan tokoh tersebut dengan
variasi yang sangat menarik.ALAT
MUSIK Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe dari
angklung. Berbedadengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara
menabuh calung adalahdengan mepukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas
(tabung bambu) yang tersusunmenurut titi laras (tangga nada) pentatonik
(da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari
awi wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang
berwarna putih).
Menurut Rouffaer (1905: 16) menyatakan bahwa kata Sunda berasal dari akar kata sund atau kata suddha dalam bahasa Sansekerta yang mempunyai pengertian bersinar, terang, putih (Williams, 1872: 1128, Eringa, 1949: 289). Dalam bahasa Jawa Kuno (Kawi) dan bahasa Bali pun terdapat kata sunda, dengan pengertian: bersih, suci, murni, tak tercela/bernoda, air, tumpukan, pangkat, waspada (Anandakusuma, 1986: 185-186; Mardiwarsito, 1990: 569-570; Winter, 1928: 219). Orang Sunda meyakini bahwa memiliki etos atau karakter Kasundaan, sebagai jalan menuju keutamaan hidup. Karakter Sunda yang dimaksud adalah cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (mawas diri), dan pinter (cerdas). Karakter ini telah dijalankan oleh masyarakat yang bermukim di Jawa bagian barat sejak zaman kerajaan Kerajaan Salakanagara, Kerajaan Tarumanagara, Kerajaan Sunda-Galuh, Kerajaan Pajajaran hingga sekarang .
Nama Sunda mulai digunakan oleh raja Purnawarman pada tahun 397 untuk menyebut ibukota Kerajaan Tarumanagara yang didirikannya. Untuk mengembalikan pamor Tarumanagara yang semakin menurun, pada tahun 670, Tarusbawa, penguasa Tarumanagara yang ke-13, mengganti nama Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda. Kemudian peristiwa ini dijadikan alasan oleh Kerajaan Galuh untuk memisahkan negaranya dari kekuasaan Tarusbawa. Dalam posisi lemah dan ingin menghindarkan perang saudara, Tarusbawa menerima tuntutan raja Galuh. Akhirnya kawasan Tarumanagara dipecah menjadi dua kerajaan, yaitu Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh dengan Sungai Citarum sebagai batasnya.
Peta linguistik Jawa Barat
Pandangan Hidup
Selain agama yang dijadikan pandangan hidup, orang Sunda juga mempunyai pandangan hidup yang diwariskan oleh nenek moyangnya. Pandangan hidup tersebut tidak bertentangan dengan agama yang dianutnya karena secara tersurat dan tersirat dikandung juga dalam ajaran agamanya, khususnya ajaran agama Islam. Pandangan hidup orang Sunda yang diwariskan dari nenek moyangnya dapat diamati pada ungkapan tradisional, juga dari naskah kuno.[4]Hubungan antara sesama manusia
Hubungan antara manusia dengan sesama manusia dalam masyarakat Sunda pada dasarnya harus dilandasi oleh sikap “silih asih, silih asah, dan silih asuh”, artinya harus saling mengasihi, saling mengasah atau mengajari, dan saling mengasuh sehingga tercipta suasana kehidupan masyarakat yang diwarnai keakraban, kerukunan, kedamaian, ketentraman, dan kekeluargaan, seperti tampak pada ungkapan-ungkapan berikut ini:- Kawas gula jeung peueut yang artinya hidup harus rukun saling menyayangi, tidak pernah berselisih.
- Ulah marebutkeun balung tanpa eusi yang artinya jangan memperebutkan perkara yang tidak ada gunanya.
- Ulah ngaliarkeun taleus ateul yang artinya jangan menyebarkan perkara yang dapat menimbulkan keburukan atau keresahan.
- Ulah nyolok mata buncelik yang artinya jangan berbuat sesuatu di hadapan orang lain dengan maksud mempermalukan.
- Buruk-buruk papan jati yang artinya berapapun besar kesalahan saudara atau sahabat, mereka tetap saudara kita, orang tua tentu dapat mengampuninya.
Hubungan antara manusia dengan negara dan bangsanya
Hubungan antara manusia dengan negara dan bangsanya, menurut pandangan hidup orang Sunda, hendaknya didasari oleh sikap yang menjunjung tinggi hukum, membela negara, dan menyuarakan hati nurani rakyat. Pada dasarnya, tujuan hukum yang berupa hasrat untuk mengembalikan rasa keadilan, yang bersifat menjaga keadaan, dan menjaga solidaritas sosial dalam masyarakat. Masalah ini dalam masyarakat Sunda terpancar dalam ungkapan-ungkapan:- Kudu nyanghulu ka hukum, nunjang ka nagara, mupakat ka balarea (harus menjunjung tinggi hukum, berpijak kepada ketentuan negara, dan bermupakat kepada kehendak rakyat.
- Bengkung ngariung bongkok ngaronyok (bersama-sama dalam suka dan duka).
- Nyuhunkeun bobot pangayon timbang taraju (memohon pertimbangan dan kebijaksanaan yang seadil-adilnya, memohon ampun)
No comments:
Post a Comment